Sedjenak Koffie , 5 Daftar Kedai Kopi di Jakarta Hingga Sejarah Kopi di Indonesia - thegardenpath.info Berita Online

Jumat, 31 Juli 2020

Sedjenak Koffie , 5 Daftar Kedai Kopi di Jakarta Hingga Sejarah Kopi di Indonesia


Sedjenak Koffie - Banyak cara warga Jakarta untuk melepas lelah dan penat. Selain traveling di dalam kota dan sekitarnya, tak jarang juga warga Jakarta mengunjungi warung atau kedai kopi untuk istirahat dari pekerjaan sehari-hari.

Jika anda berdomisili atau bekerja di Jakarta Pusat, berikut kami himpun 5 kedai kopi yang perlu anda pertimbangkan untuk didatangi:


  • Pigeonhole Coffee Menteng 

Desain minimalis dengan suasana yang hening membuat tempat ini cocok untuk Kamu yang ingin santai melepas penat. Meja-meja panjang juga bisa digunakan kalau Kamu ingin kumpul bersama teman-teman. Kedai ini beralamat di Jalan Teuku Cik Ditiro No 36, Menteng, Jakarta Pusat. Kedai ini terkenal dengan latte yang tidak terlalu pahit. Cocok untuk Kamu yang ingin belajar minum kopi.

  • Giyanti Coffee Roastery 

Tempat ini memiliki konsep toko ala-ala toko kopi di Amerika. Area toko ini terbagi menjadi dua, indoor dan outdoor. Bagian outdoor kedai ini lebih luas daripada indoor dan ditujukan bagi para perokok. Di sini kamu juga dapat menemui banyak permainan yang dapat menghilangkan stres. Kopi yang dijual di sini berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Kamu tinggal memilih kopi dari mana dan ingin diproses seperti apa. Kedai ini dapat kamu temui di Jalan Surabaya No 20, Menteng. 

  • Sedjenak Koffie En Eethuis 

Sedjenak Koffie Perpaduan warna hijau dan putih membuat kedai satu ini sangat indah dipandang mata. Perabotan kayu membuat kedai ini terasa nyaman layaknya rumah. Tak hanya menyediakan kopi, tempat ini juga memiliki menu camilan dan makanan berat seperti kentang goreng, roti bakar, sampai nasi goreng. Alamat kedai ini berada di Jalan Haji Agus Salim nomor 23, Menteng, Jakarta Pusat.  

  • Tiga Lima Coffee and Kitchen 

Dominasi warna putih dengan perabot hitam nan elegan membuat kedai ini sangat nyaman untuk quality time. Selain kopi, tempat ini juga menyediakan makanan berat seperti rice bowl yang dapat kamu nikmati di atas sofa empuk nan nyaman. Beralamat di Jalan K.H Wahid Hasyim nomor 35, Menteng, Jakarta Pusat. Tempat ini terhitung cukup luas, cocok untuk kamu yang ingin berkumpul beramai-ramai.

  • Common Grounds Coffee and Roastery Kedai ini menawarkan kopi terbaik dari seluruh dunia. Namun bukan hanya menyediakan kopi, di kedai ini juga tersedia makanan dari berbagai negara di dunia, seperti Naked Burito Bowl, Grilled Chicken Caesar, Chicken and Waffle dan masih banyak lagi. Common Grounds berlokasi di Jl. KH Mas Mansyur, Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat. Kedai ini menyediakan specialty coffee yang bisa membuat Kamu rileks saat meminumnya.



Sejarah Kopi di Indonesia

 

Di balik kenikmatan secangkir kopi, ada sebuah perjalanan panjang yang layak kita ketahui. Indonesia memang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik dunia, tapi tahukah Anda, bagaimana sejarah serta awal mulanya kopi hadir di Indonesia.

Sebelum kita menelusuri sejarah kopi di Indonesia, ada baiknya kita mundur lagi ke belakang perihal bagaimana asal mulanya kopi ditemukan oleh manusia. Jauh 3000 tahun yang lalu, seorang pengembala kambing di dataran Afrika, negeri Ethiopia, melihat bagaimana kambing - kambingnya memakan beberapa biji buah menyerupai berry di pepohonan dan melihat mereka tetap aktif serta terjaga berkat buah tersebut.

Berawal dari situlah, sang pengembala mencoba untuk mengolah biji kopi tersebut dan memakannya dan akhirnya mendapatkan manfaat yang sama seperti yang dirasakan oleh kambing - kambingnya tersebut. Itulah awalnya kopi dikenal sebagai makanan yang bermanfaat untuk menambah energi dan mengusir rasa kantuk. Hingga 500 tahun kemudian, alat penghancur dan pengolah biji kopi ditemukan serta menjadi awal mula kopi dinikmati sebagai minuman hingga saat ini

Secara bahasa, kopi atau dalam bahasa inggris disebut coffee, berasal dari bahasa Arab “qahwa” yang mana lebih populer disamakan dengan terjemahannya dalam bahasa Turki “kahveh”. Kata “qahwa” atau “kahveh” tersebut merujuk pada minuman yang terbuat dari biji yang diseduh dengan air panas. Selain itu, istilah “qahwa” juga berarti kuat, karena memang kopi dikenal sebagai minuman untuk meningkatkan energi dan stamina.

Lama berkembang di beberapa negara Afrika, Arab hingga Eropa dan Amerika, kopi kemudian merambah ke negara - negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kopi mulai dibawa ke Indonesia pada abad ke 17 oleh Belanda yang pada saat itu tengah menjajah Indonesia. Wajar, karena di negaranya, kopi sangat sulit dikembangkan karena faktor cuaca yang kurang mendukung.

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda